Apa itu Recycle? Sulap Barang Bekas Kamu Jadi Karya

foto (26)

Recycle adalah proses pengolahan sampah atau dalam bahasa Inggrisnya kita akan mengenal sebagai proses daur ulang barang yang tidak lagi terpakai menjadi barang yang berguna. Tujuan utama melakukan recycle yaitu untuk mengurangi sampah plastik agar tidak menumpuk dan dapat dijadikan sebagai produk yang bernilai.

Dengan mengolah sampah plastik maupun non plastik kamu bisa berkontribusi menjaga lingkungan tetap bersih. Melihat sampah berserakan di jalan atau menumpuk di tempat sampah itu tidak nyaman, kan? Oleh karena itu kamu bisa mengurangi penumpukan sampah dengan memanfaatkannya kembali menjadi barang yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Membuat produk melalui proses recycle itu sangat mudah loh! Beberapa contoh produk recycle di antaranya adalah payung, baju, tas, dan lain-lain. Tentunya produk tersebut diciptakan dari barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti plastik kemasan, botol plastik, kaleng, kardus, hingga sedotan bekas.

Contoh recycle yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah pembuatan kertas daur ulang. Cara membuatnya hanya dengan mengumpulkan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai kemudian hancurkan sampai halus dan cetak menjadi lembaran kertas.

Jika membuat kertas daur ulang ini masih terbilang cukup sulit bagi pemula, kamu bisa membuat contoh recycle dari kardus dan kaleng bekas untuk dijadikan sebagai mainan. Mainan yang paling populer adalah mainan mobil karena proses pembuatannya masih terbilang cukup mudah. Namun kamu juga bisa berkreasi seunik mungkin misalnya membuat kapal bajak laut yang keren.

Selain memanfaatkan sampah plastik, kamu juga bisa memanfaatkan sampah organik seperti sisa makanan untuk dijadikan sebagai pupuk kompos. Pupuk kompos ini berguna untuk membuat tanaman menjadi lebih subur.

sumber: https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/apa-itu-recycle-sulap-barang-bekas-kamu-jadi-karya/